Pertanyaan yang belum terjawab – Anne Ahira

Kalau sekarang baru sempat menulis tentang Anne Ahira, itu hanya karena saya sedang bersih-bersih folder di email account saya di Yahoo.com yang ternyata sudah berumur tahunan dan belum saya buang, dan juga karena dalam hari-hari terakhir bulan ramadhan saya lagi punya waktu sambil merenung banyak tentang kehidupan dan perkembangan positif dengan dunia internet di Indonesia, mudah-mudahan ada beberapa muridnya yang bisa menjawab pertanyaan yang pernah saya lontarkan langsung ke beliau pada bulan Pebruari 2007 yang lalu ( sudah lama sekali ya… )  tetapi beliau sendiri belum pernah menjawab pertanyaan saya sebagai anggotanya tersebut secara langsung..sehingga penasaran saya bisa terjawab, karena saya yakin tanpa masuk ke dalam suatu sistem maka kita tidak akan pernah bisa memahami sesuatu masalah secara luas dan mendalam..ada juga yang sebenarnya ingin memperjelas informasi ini ( lihat di http://www.jonru.net/anne-ahira-sebuah-paradoks-di-tahun-2007 ) tetapi tetap tidak ada statement resmi dari Anne ahira, padahal kalau perusahaan beneran biasanya sudah pasang PR untuk masalah seperti ini.

Untuk meluruskan niat saya dalam menulis masalah ini, beberapa hal yang menjadi pemikiran saya :

1. Daya tular menggunakan internet itu luar biasa, kalau dalam teori marketing ada yang namanya Word Of Mouth – Getok Tular, maka dengan pemanfaatan teknologi internet maka mereka yang mendengar, melihat profil kita melalui berbagai media baik media massa, media elektronik apalagi internet, dan tentu saja kalau kita dikaitkan langsung dengan suatu kekayaan atau penghasilan yang luar biasa,  akan langsung berupa mencarinya langsung ke situs tentang masalah itu dengan cepat.

2. Semakin tingginya pertumbuhan pengguna internet terbukti dengan jumlah pelanggan speedy semakin banyak yang mencapai ratusan ribu saat ini ditambah dengan adanya warnet yang tersebar ke seluruh penjuru Indonesia…berarti jumlah prospek ataupun ‘korban’ juga semakin tinggi.

3. Trend penurunan biaya dalam bidang apapun semakin lama semakin jamak, coba lihat harga tiket pesawat dengan adanya air asia, value air, citilink, lion air, yang membuat Garuda Indonesiapun sulit bertahan dan bahkan nyaris dijual

4. Trend harga biaya telekomunikasi di Indonesia semakin lama semakin baik untuk masyarakat karena bahkan ada yang memberikan tarif Rp. 1 per sekali nelpon, sesuatu yang tak terbayangkan pada 5 tahun yang lalu bahkan dibandingkan dengan di negara maju sekalipun karena sebenarnya untuk bisa melakukan pola bisnis seperti ini mereka pasti melakukan proses subsidi atau promosi pada masa awal pemasaran, namun secara kalkulasi bisnis hal itu tidak masuk akal…tetapi yang lebih penting adalah jumlah pelanggan yang berpotensi ataupun nantinya bisa digunakan untuk berbagai hal..

5. Semakin banyak fasilitas di internet yang tak ada biayanya karena kita mau masuk saja itu sudah keuntungan bagi perusahaan seperti yahoo.com, google.com, youtube.com, facebook.com, friendster.com, dan lain-lain…coba bayangkan gratis saja fasilitas mereka semua ( pemilik merek itu ) bisa menjadi salah satu orang terkaya di dunia….!!!

6. Trend biaya ICT ( harga hardware, software, akses internet, biaya broadband internet internasional ) semakin turun karena selain karena kompetisi tetapi juga karena fitrah perkembangan komputer yang mengikuti hukum Moore..

7. Biaya televisi yang malah tidak ada sama sekali, tetapi bisa menarik iklan senilai trilyunan rupiah per tahun, memberikan kesempatan bisnis bagi para pemusik, penghibur, pelawak, MC, penyiar, dan lain-lain yang memiliki pendapatan diatas rata-rata masyarakat Indonesia…

Semua trend di atas memberikan suatu pilihan kepada masyarakat Indonesia tetapi dalam konteks yang masih positif, namun disisi lain kalau pengelolaannya tidak baik maka cenderung yang terjadi malah sebaliknya…:

1. Harga BBM semakin tinggi karena negara kita terjerat hutang ke negara lain sehingga tidak bisa merdeka menentukan sikap bahkan untuk kesejahteraan bangsanya.

2. Harga biaya sekolah terutama perguruan tinggi semakin lama semakn tak terjangkau karena pemerintah melepaskan subsidi bagi perguruan tinggi dan meminta mereka membiayai sendirinya mayoritas kebutuhannya dengan membentuk BHMN-BHMN sehingga biaya akhir harus dibayar oleh masyarakat.

3. Sekolah Swasta sejak TK hingga SMA yang baik menjadi alternatif bagi masyarakat tetapi hanya bagi mereka yang memiliki uang saja, karena biaya sekolah per bulan mereka bahkan bisa melebihi biaya sekolah teman mereka di sekolah negeri selama 1 tahun

4. Harga mobil makin lama semakin mahal sementara proses kepemilikannya semakin lama semakin dipermudah, sehingga yang terjadi jalan raya tidak akan pernah cukup melayani kendaraan yang lalu lalang di jalanan.

5. Harga buku-buku di Indonesia memang termasuk mahal tetapi masih dibawah harga 100 ribu, dan mungkin dibawah Rp. 200 ribu untuk kelas bisnis sekelas Renald Khasali, Hermawan Kartajaya, Tung Desem Waringin, Jadi kalau pelajaran berbayar hampir Rp. 200 ribu per bulan, berarti Rp. 2,4 juta pertahun tidaklah bisa dikatakan murah…

6. Terjadi pergeseran pola pemikiran orang Indonesia untuk bekerja lebih mudah dan lebih cepat tetapi menghasilkan duit lebih cepat – apakah Work Smart bisa diartikan seperti itu ?? ( seperti jual sawah untuk jadi tukang ojek, jadi tukang ojek lebih cepat dapat duit daripada kerja kantoran gak perlu kantor tetapi tarif sangat menjanjikan apalagi untuk Jakarta yang macet dimana-mana, mending beli motor daripada naik angkot meskipun jumlah kecelakaan yang diakibatkan kendaraan bermotor roda dua per tahun di Jawa Timur sudah melebihi korban perang Irak sementara angkotnyapun terancam akan mati karena jumlah penumpangnya sedikit, jumlah kendaraan ( roda 2 dan roda 4 ) semakin tak terkendali yang mengakibatkan polisi kesulitan mengatur lalu lintas di perkotaan karena jumlahnya yang semakin berjibun, mencari pembantu rumah tangga di Jakarta dan Surabaya sudah mulai sulit, karena tenaga kerja sudah pada lari ke Hongkong, Singapore, Malaysia, Taiwan maupun Timur tengah. Apakah juga maraknya Internet Marketing juga bagian dari Smart Work ini..? Sah-sah saja sebetulnya….

Jadi apa yang mau saya cari sebetulnya ?

Apakah pola pengajaran mbak Anne ahira masih seperti yang dulu sewaktu saya juga pernah tertarik masuk di dalamnya ? berapa banyakkah dari murid beliau yang sudah jadi sebagaimana testimoni yang ada di websitenya, dan berapa persenkah mereka yang berhasil itu dibandingkan dengan jumlah murid yang ada didalam jaringannya ? Apakah tidak mungkin biayanya dibuat lebih murah lagi karena faktor duplikasinya luar biasa ? Tahukah orang-orang yang memberi penghargaan berapa pajak yang dibayarkan oleh mbak Anne ahira setiap tahunnya ditengah gencarnya aparatur pajak mengejar pajak dari masyarakat ? Kenapa mbak Anne Ahira tidak menulis buku saja kalau memang mau membantu masyarakat Indonesia lebih cepat, kalau toh dijual Rp. 100 ribu saja, saya yakin royaltinya per tahun akan masih cukup besar untuk kelas pendapatan di Indonesia…karena saya punya kenalan dari royalti bukunya saja dia bisa menyekolahkan anak-anaknya keluar negeri, rumah megah, dan lain-lain..

Mudah-mudahan para muridnya bisa membantu saya mendapatkan jawaban tersebut, mudah-mudahan informasi tersebut sudah berubah, dan informasi yang ada di internet menjadi lebih imbang. Karena tugas kita sebagai sesama muslim agar selalu saling mengingatkan akan kebenaran dan untuk selalu bersabar karena dasar keimanan kita…inipun saya hanya posting di website dokumentasi kegiatan anak-anak saya saja dan tidak saya kirim kemana-mana supaya mereka ( anak-anak saya sendiri ) tahu tentang sesuatu lebih jelas dan tidak sekedar ikut-ikutan saja…

Inilah jawaban beliau dalam emailnya terakhir ke saya, yang tentu saja belum menjawab sama sekali pertanyaan saya sebagaimana terlampir di bawah, atau jangan-jangan inipun jawaban standar menggunakan sistem. Padahal saya punya hak sebagai member untuk dijawab pertanyaan-pertanyaan logis saya…

================================

Maafin saya Fajar..

Saturday, March 10, 2007 8:42 AM
From:

Add sender to Contacts

To:
“Fajar Asikin” <fajar2007@yahoo.com>

Fajar,

Saya sebenarnya sudah mau mengirimkan artikel
sejak minggu yang lalu. Tapi saya ada masalah
dengan autoresponder, alat pengirim newsletter
ini. Jadi saya pending.

Dan baru kali ini saya bisa login lagi.
So, maaf kalau Fajar tidak mendengar
kabar dari saya sejak pulang dari Bali.

Sebenarnya setelah dari Bali itu saya ke
Jakarta untuk undangan di acara “om Farhan
di AN-TV. Karena saya tidak bisa masuk
ke dalam autoresponder, saya pun tidak
sempat memberi tahu pembaca saya.

Saya sekarang lagi ada di BATAM. Tadi sudah
seminar. Dan hasilnya sukses besar, dari
98 orang yang hadir, 90 orang memutuskan belajar
di Asian Brain IMC (www.AsianBrain.com)🙂

Setelah mendengarkan penjelasan saya, mereka
senang dan banyak yang mulai terbuka tentang
pentingnya pendidikan Internet Marketing.

Oh ya, rencananya saya akan mengadakan Seminar
AKBAR di Bandung sekitar bulan April. Nanti
Fajar akan saya kasih tahu dan
pasti diundang! Okay?🙂

Selama ini saya sering keliling Indonesia
untuk undangan seminar, tapi kok di kota
sendiri belum ada…hehe.. jadi saya akan
mengadakannya sendiri.

Oh ya sesuai janji saya, saya akan perlihatkan
foto-foto saya saat di Bali kemarin! Ini
dia linknya:

http://clicks.asianbrainfollowup.com/z/ct/?vjcplnvrbIf_bk4vcU_sVA
Itu foto-foto saya terbaru! Saya berubah nggak ya?
Jadi agak gemuk sih… hehe.

Dan satu lagi, saya masuk majalah Wirausaha
dan Keuangan LAGI bulan ini! Gila nih majalah,
terus muatin aku dan terus di cover lagi!

Fajar bisa lihat gambarnya di sini:
http://clicks.asianbrainfollowup.com/z/ct/?5di8C9cWQwtAUIFOiRKLjg

Kalau Fajar ingin tahu lebih banyak
tentang ‘revolusi bisnis’ yang saya lakukan
Fajar bisa membacanya di majalah WK
edisi Maret ini. Majalahnya bisa didapat di
Gramedia atau toko2 Majalah setempat.

Bukan hanya tentang saya, ada berita heboh juga
di dalam majalah itu. Fajar tahu, ada orang
Indonesia yang berhasil menemukan Kompor berbahan
bakar AIR! Hebat nggak tuh!🙂

Okay Fajar, udah malam nih, nanti
sepulang dari Batam, saya kirim artikel menarik
seputar tips sukses lagi khusus untuk Fajar.

Besok saya pulang ke Bandung Jam 4 sore.
Doain ya! Jadi pingin takut nih aku naik pesawat
gara-gara banyak kecelakaan pesawat belakangan.

Okay, sukses untuk Fajar~!

Salam hangat,
Temanmu,
Ahira.

P.S. Inilah enaknya menjalankan bisnis ‘online’
bisa berkomunikasi dengan pembaca, klien,
keluarga, DI MANAPUN kita berada…

Kalau Fajar mulai tertarik untuk belajar
bisnis online, ingat selalu situs saya
http://www.AsianBrain.com!😉

——————————————-
PT. Asian Brain Internet Marketing Center
Jl. Bojong Sereh No. 668 Bandung 40376
Jawa Barat – INDONESIA

Tlp. (022) 5944-999 / 5946-999
Fax (022) 5947-999
HP. 081.320.6888.98

To unsubscribe or change subscriber options visit:

===================================

Email ini saya kirim tanggal 17 Pebruari 2007

===========================

Beberapa pertimbangan kenapa saya menulis Surat Terbuka kepada Mbak Anne Ahira – menyambut acara Seminar Akbar di Bali – 17 Pebruari 2007.
  1. Mbak Anne Ahira sedang naik daun saat ini diwawancara di mana-mana, media elektronik, media cetak, karena di saat mayoritas orang Indonesia masih buta Internet dia telah berhasil mendapatkan pendapatan ratusan juta per bulan hanya dari rumah…luar biasa …salut untuk yang dia lakukan ini.
  2. Mbak Anne Ahira masih berusia sangat muda – lebih kurang 25 berarti lahir sekitar tahun 80-an, padahal internet baru masuk Indonesia sekitar tahun 1996 – 10 tahun yang lalu, berarti persis seperti analisa Kenichi Ohmae dalam bukunya The Next Global Stage bahwa umur manusia dibagi dengan BG dan AG, yaitu Before Gate dan After Gates yang dimulai pada tahun 1985. Tahun dimana kelahiran Windows di mulai di Seattle. Jadi usia mbak Anne yang termasuk paling tua, karena dari sisi pemahaman melek TI beliau termasuk yang sudah tua di Indonesia, karena mereka yang lahir sebelum itu masih sangat banyak yang tidak paham komputer apalagi internet apalagi internet marketing.
  3. Dan sesuai dengan prediksi para ahli marketing dunia, dikatakan bahwa masa depan pemasaran adalah YOU – the brand is YOU….sehingga kemunculan pribadi yang begitu menawan seperti ANNE AHIRA – the Asian Brain – memang sudah sesuai dengan fitrah perkembangan marketing.
  4. Disisi lain penegakan hukum masalah UU Perlindungan Konsumen sedang naik daun, oleh karena itu saya mencoba membahas fenomena Anne Ahira ini dari sisi yang lain.
  5. Pada konteks yang lain, karena kesalahan cara berpikir petinggi telkom, maka kita – warga masyarakat di Indonesia termasuk yang terbelakang dalam hal pemanfaatan internet untuk media belajar berbagai hal, sehingga akses internet tergolong masih mahal dan kecepatan aksesnya sangat lambat – kecuali yang sudah mulai menggunakan speedy personal.
  6. Dalam internet marketing, yang sangat kunci adalah ’pendekatan personal’ dan ’speed’ untuk masuk ke ‘niche market’, dua hal ini adalah 2 masalah besar bagi orang Indonesia, karena untuk bisa melakukan pendekatan personal orang harus terbiasa menulis, meskipun secara teknologi – aweber.com dan constantcontac.com, mampu membantu melakukan korespondensi secara elektronik dimana kemampuan sistemnya mampu mengirimkan 400 juta email ke anggotanya per bulan dengan biaya yang relatif terjangkau. Yang kedua untuk mengakses internet secara konsisten dan cepat itu membutuhkan alokasi waktu dan koneksi internet melalui ISP yang relatif juga tidak murah.
  7. Oleh karena itu kalau kita hanya belajar dengan metode konvensional, sementara disisi lain kita dituntut untuk mengejar kecepatan perekonomian global apalagi yang berbasis internet, itu menjadi sesuatu yang paradoks….nah disinilah kelompok mbak Anne Ahira, dengan PT. Asian Brain bermain dengan waktu.
  8. Dengan biaya Rp. 200 ribu perbulan, terkesan itu tidak mahal untuk belajar langsung bersama Guru Besar Internet Marketing dunia berbahasa Indonesia lagi…belum lagi ditambah informasi bahwa untuk mencapai itu mbak Anne membutuhkan dana sekitar 200 juta rupiah…sesuatu yang tidak kecil bagi masyarakat Indonesia sehingga terkesan wah sekali….cuman yang orang lupa bahwa pencapaian pendapatan beliau sudah jauh melampaui biaya belajar yang telah dikeluarkan…bahkan sekarangpun masih lebih kecil dari pendapatan beliau sebulan, karena pendapatan beliau sudah mencapai 500 juta sebulan….informasi ini langsung dari beliau diberbagai kesempatan karena target pendapatannya tahun ini adalah mencapai Rp. 1 Milyar sebulan.
  9. Dari biaya yang ditarik sebulan ini, anggota yang bisa menarik orang lain untuk menjadi anggota the Asian Brain akan mendapatkan jatah 25% per bulan ( Rp. 50 ribu / bulan ). Terkesan memang tidak besar, cuman bayangkan kalau pada satu event bisa terkumpul 200 orang hanya dengan satu kali presentasi, sudah terkumpul dana sebesar Rp. 40 juta /bulan dan akan terus menerus didapatkan kalau mereka ingin belajar dari sang Maha Guru, dan yang mereferensikan akan mendapatkan jatah 25%…lumayan kan Rp. 10 juta / bulan bagi yang mereferensikannya.., bayangkan kalau ini bergulir terus dengan bantuan media massa yang berusaha mengangkat keberhasilan Anne Ahira – bisa dipastikan wartawan yang menginterview tidak akan tahu detail pola permainannya – tetapi hal itu sama dengan membuat masyarakat banyak jatuh kedalam pembiayaan yang tidak semestinya. Coba kalikan dengan 100 orang, 5000 orang, 10000 orang perbulan. Lihat lebih detail di http://antianneahira.blogspot.com/. Pertanyaannya kenapa kalau yang melalui online sudah mulai berhenti karena adanya masalah dengan spamming, sekarang berubah ke model pendekatan Offline dengan seminar gratis tentang internet marketing dimana-mana.
  10. Saya tidak akan bicara tentang ’spamming’ karena ini masih ’debatable’, disini memang seolah belum kelihatan masalahnya karena kita bisa dipersepsikan seolah terkesan iri dengan keberhasilan orang lain..yang menjadi masalah adalah begitu kita masuk ke dalam website yang ada dan bergabung menjadi anggota, kita hanya akan mendapatkan modul yang begitu elementer dari bulan ke bulan sekitar 3 modul, yang akan habis dibaca hanya dalam waktu tak lebih dari 3 hari. Itupun harus di-download terlebih dahulu, tetapi itupun dibatasi hanya berlaku selama 30 hari. ‘Yang menarik’ modul tersebut tidak bisa dicopy menjadi sebuah file yang bisa dibaca lebih dari masa yang ada. Sehingga jangan berharap bisa belajar kalau tidak memahaminya dalam waktu satu bulan itu, karena begitu lewat materi itu sudah tidak bisa dibuka lagi..dan yang aneh tidak ada referensi lain yang bisa diakses mengenai ilmu internet marketing marketing, karena setiap orang akan dibatasi aksesnya hanya untuk materi ke depan, tidak ada yang namanya arsip ilmu untuk bulan-bulan sebelumnya terutama yang seharusnya sudah ada begitu banyak sebelum seseorang belajar disana sebagai anggota …Kelompok ini selalu mengatakan 5F, Fokus, Fokus, Fokus, Fokus dan Fokus dan kalau mau belajar lebih lengkap harus mau bergabung sekitar 5 bulan ( butuh dana sekitar Rp. 1 juta )….sementara pada saat yang sama kita sedang melakukan aktifitas yang lain yang harus dilakukan didunia nyata sementara waktu yang diberikan untuk belajar begitu terbatas hanya 30 hari…so …..tidak mudah menduplikasi menjadi anne ahira….hal ini begitu terlihat dari pertanyaan dari anggota yang terkesan masih pada tataran sederhana dalam memahami internet. Sementara begitu saya tahu keyword-keyword yang diajarkan saya dengan gampang mencarinya di internet dari para ahlinya….Rachel Long ( http://rachel-long.com/), Mike Filsaime (http://MikeFilsaime.com ), David Lundgren (http://www.hbn.com), dll.
  11. Terus apa yang bisa kita tarik dari hal ini, janganlah kita membodohi orang lain yang belum paham dengan sesuatu ilmu, sementara dipihak lain kita menikmati proses itu dengan menjadi kaya sendiri, menurut saya hal itu bukanlah fitrah dari perkembangan internet. Fenonema hotmail, yahoo, google (dengan berbagai macam produk derivatif-nya ), youtube.com, ilmukomputer. Com, bhineka.com, detik.com sama sekali berbeda, orang tetap bisa menikmati manfaat pada tataran informasi dasar, tetapi begitu mereka butuh informasi lebih baru diminta membayar itupun dengan biaya relatif minimal…ini adalah fair…bukan proses belajarnya harus dinilai begitu mahal.
  12. Saya sudah baca berbagai referensi negatif sekitar tahun 2004 tentang anie ahira, cuman dulu saya masih menganggap kalau kita belum pernah masuk ke dalam suatu sistem, kita bisa salah persepsi tentang anne ahira. Saya menulis ini dan merilisnya ke berbagai media, karena saya sudah menulis surat ke Anne Ahira seminggu yang lalu ( 10/2/2007 ) dan belum ada tanggapan sampai hari ini, ada 2 kemungkinan karena analisa saya benar dan mbak Anne Ahira memilih tidak menanggapi karena itu membuat diskusi menjadi melebar atau memang yang mengirimkan email selama ini kesaya sebagai salah satu anggota the asian brain adalah mesin semata yang tidak ada sentuhan manusia sama sekali.
  13. Mudah-mudahan saya salah, tetapi saya memilih untuk mengirimkan ini karena pertanyaan-pertanyaan ‘berat’ saya ke milis tidak pernah dimuat karena disensor moderator tetapi juga tidak mendapatkan tanggapan secara langsung dari The Asian Brain sehingga tidak pernah ada klarifikasi.
  14. Dulu mbak Anne ahira pernah membuat international tim yang bernama http://www.eliteteamindonesia.com, http://www.eliteteamcenter.com/kantor/ tetapi kemudian ada masalah dengan ‘internet ban’ dari kalangan e-commerce dunia karena banyak menimbulkan fraud http://togay.blogspot.com/2005/05/anne-ahira-elite-marketing-dan.html
  15. 15. Sesuai dengan UU Perlindungan Konsumen No. 8 tahun 1999, maka banyak sekali rujukan yang kita bisa lihat dari sana pada pasal 4, 7, 8 dan 9. http://www.bpkn.go.id/new/doc/UUNo8thn1999.pdf yang bisa menimbulkan misleading information dari aktivitas bisnis ini.
  16. Semoga dengan surat cinta terbuka ini, ada tanggapan dari the asian brain yang dipimpin oleh mbak Anne Ahira.

Hormat Saya

Fajar Asikin

==============================

Email ini saya kirim tanggal 10 Pebruari 2007

=====================

Dear Anne Ahira,

Assalamu’alaikum wr. wb.

Terima kasih atas undanganmu.

Saya adalah salah satu yang mengagumi anda dan bersyukur Alhamdulillah pada pertemuan awal di hotel Tunjungan Surabaya pada bulan Nopember yang lalu ( 2006 – Pen ) , sehingga sejak bulan itulah saya bergabung dengan asianbrain.com, tapi terus terang ditengah kesibukan saya saya kelihatannya saya tidak akan memperpanjang lagi keanggotaan saya, sejak bulan Pebruari ini.

Saya sebenarnya sangat gembira ada seorang anne ahira di Indonesia yang bisa menjadi teladan bagi anak-anak muda di Indonesia terutama sangat  memberikan inspirasi bagi cewek-cewek yang haus akan figur seorang tokoh wanita muda yang berprestasi pada skala global pada umur yang sedemikian muda, bahkan untuk saya yang sudah ikut terlibat sejak lahirnya akses internet di Jawa Timur pada awal tahun 1996 sebagai salah satu pendiri Radnet di Surabaya. Salut..

Sayangnya saya sebagai seseorang yang mengerti konsep marketing cukup dalam seakan mulai tergores kepercayaannya pada saat ada beberapa konsep metode belajar mengajar melalui asianbrain.com yang agak tidak pas, saya mohon klarifikasi anda sebelum saya akan merilis ke berbagai media masalah ini karena menyangkut duit yang beredar di masyarakat dalam jumlah yang tidak besar sebetulnya tetapi bisa menimbulkan salah persepsi yang akan anda gali di Bali mendatang …

1. saya tahu anda memang telah mencapai standar sebagai seorang ‘world class guru’  dibidang internet marketing….terbukti dengan pencapaian materi yang sekarang sudah anda dapatkan….namun  ada  beberapa hal yang  menurut saya tidak sejalan  antara  duit yang anda dapatkan dan kebijaksanaan sebagai seorang  guru yang melekat pada diri  anda…cobalah lihat keikhlasan para guru bangsa ini….nurcholis majid, amin rais, soekarno, moh.hatta, ali sadikin, gus dur…ada hal-hal tentang kehidupan yang kalau tidak anda sadari tapi akan meracuni anda sendiri….saya punya cerita dari seorang teman..bahwa seseorang dengan asset 30 Trilyunpun yang ada di tangan dia….dia belum mengerti tentang kehidupan dia sendiri…..yang masih terus mencari apa yang  sebenarnya sudah ada dalam dirinya sendiri.

2. Anda membuat satu materi pelajaran yang hanya berlaku selama 30 hari sejak materi itu di-download..dan setelah itu tidak bisa lagi dibuka untuk orang yang tidak mengerti teknis meskipun saya tetap bisa melakukan itu  setelah lebih dari 30 hari…menurut saya itu sudah tidak etis….anda terlalu memberikan limit kepada masyarakat yang belum begitu paham akan mekanisme teknologi internet yang biaya aksesnya masih relatif tidak terjangkau di Indonesia.

3. Begitu pula bahwa semua archive materi anda hanya bisa dibuka sejak dia bergabung, dan sama sekali tidak ada referensi terhadap artikel yang selama ini sudah menjadi arsip anda…itu sangat tidak pantas sebagai seorang guru….apalagi tingkat dunia seperti anda….

4. Dalam mailing list anda, pertanyaan yang menanyakan lebih detail tentang beberapa isu atau contoh di dunia nyata network marketing tidak bisa dilontarkan karena di-block oleh moderator, memang hal itu sudah dijelaskan dalam peraturan milis anda, tetapi mayoritas dari mereka tidak terlalu jelas mengerti mengenai definisi detail tentang network marketing, apakah ini sudah setahu anda ataukah policy moderator saja…??? padahal penjelasan tentang hal-hal seperti itu akan mempercepat pemahaman orang ‘awam’ seperti saya dan teman-teman dalam hal internet marketing akan bisa mengetahuinya lebih cepat.

5. Saya melihat begitu banyak member anda yang masih begitu awam dalam hal internet, masih menanyakan beberapa hal dasar tentang internet sementara waktu untuk belajar begitu anda batasi hanya dalam waktu 30 hari….luar biasa…manipulatif sekali metode mengajar anda..

6. Saya hanya mencoba menghitung diluar pendapatan anda sebagai seorang  world class expert dibidang internet marketing, kalau pada awalnya orang menghitung biaya berlangganan sebesar 200.000 per orang ( sekarang anda sudah turunkan tarifnya ) dikalikan dengan 1000 orang saja, itu sudah menjadi 200 juta per bulan, kalau anda bisa mendapatkan bersih 50% saja untuk anda sendiri itu sudah menjadi 100 juta perbulan – dan itu terus bergerak…bayangkan kalau sudah mencapai 5.000, 10.000 ( sementara anda bilang bahwa network anda sudah mencapai 45.000 orang di seluruh dunia )…sangat cukup untuk anak muda seperti anda untuk menjadi seorang guru yang sebenarnya….yang seharunsya lebih memiliki idealisme daripada untuk sekedar mencari uang..memang itu kecil dibandingkan ongkos sekolah anda selama belajar yang anda sebut-sebut lebih dari 200 juta, tapi 200 juta adalah kecil dibandingkan biaya yang dipakai belajar oleh orang di dunia nyata dan mereka yang berwirausaha sangat paham akan dunia resiko itu…saya sempat bergabung dengan marketingplus forum-nya hermawan kertajaya itupun tidak sampai 4 juta setahun, untuk orang dengan kaliber beliau yang menjadi presiden dari asosiasi marketing dunia, itupun sudah termasuk biaya makan-minum di pertemuan mereka secara rutin. dan biaya mendatangkan pembicara kelas nasional dan international di forum-forum mereka.

7. Anda jadikan ‘profil’ anda yang semakin deras diliput oleh media baik tulis, elektronik yang saya yakin sebagain besar dari interviewer-nya tidak mengerti sangat detil tentang dunia internet marketing, sebagai daya tawar anda untuk semakin dipercaya oleh orang awam…..tetapi ternyata hati anda masih belum terlalu bersih untuk melihat lebih jernih ada hal yang seharusnya anda berikan dalam biaya yang tidak semahal itu…kenapa anda tidak membuat buku yang lebih terjangkau oleh orang kebanyakan…

8. Hati-hati dalam melangkah…mbak Anne ahira……internet bisa membuat orang menjadi hebat seperti anda….tetapi ingat juga internet bisa membuat orang jatuh dalam waktu yang sangat cepat….karena pasti anda paham, bahwa yang paling tinggi nilainya dalam dunia internet adalah high trust society…

9. Saya percaya anda adalah muslimah….karena anda bercerita bahwa ibunda anda naik haji dengan cara anda…..dan saya sangat menyayangkan kalau anda sampai salah melangkah padahal anda telah membuktikan bahwa anda adalah orang hebat….padahal saya sendiri sangat meyakini bahwa orang islam dan internet adalah salah satu kombinasi yang luar biasa dalam memperbaiki dunia ini.

10. Saya bukan siapa-siapa, tapi saya yang termasuk sedih dengan kebobrokan bangsa kita adalah disebabkan  oleh  banyaknya orang  yang mengerti  teknologi informasi tetapi digunakan lebih banyak untuk membodohi orang lain…saya sedang melakukan perbaikan disektor riil untuk bangsa ini dengan cara saya sendiri, PR bangsa dalam waktu 30 tahun bisa saya bersama tim selesaikan hanya dalam waktu 2 bulan  dan saya sedang berkeliling Indonesia untuk itu, itu sebabnya saya tidak punya waktu untuk ikut dalam pola permainan anda tapi saya punya hati agar jangan ada orang banyak yang jadi korban…please be aware…..you are a great person…ini bagian dari tugas saya untuk mengingatkan anda sebagai sesama muslim…

11. Mudah-mudahan anda bisa mengerti dan memberikan klarifikasi atas masalah ini, saya akan ke Malaysia hingga tanggal 17, mudah-mudahan anda bisa memahami surat cinta saya.

12. Mailing list yang telah anda ciptakan sudah menjadi dokumentasi saya lebih dari 600 email dari member anda hanya dalam kurun waktu 3 bulan…

Terima kasih dan Wasalamu’alaikum Wr; wb.

Fajar Asikin
ex-member anda dari Surabaya..

================

Anne Ahira <newsletter@asianbrain.com> wrote:

Dear Fajar,

Tanggal 17 mendatang saya akan seminar besar-besaran
di Bali. Jika Fajar bisa datang, saya tunggu di sana!🙂

Atau mungkin Fajar punya saudara atau teman di Bali?
Silakan beritahu mereka! Forwad email ini pada mereka.

Seminar ini sudah dipublikasikan di beberapa media masa
termasuk harian Republika FULL satu halaman!

Nih lihat iklannya di bawah:
http://clicks.asianbrainfollowup.com/z/ct/?7AkLl1ngd9U.dIIXTeXT1w

Keren khan iklannya satu halaman?!😉

Kalau mau datang sambil liburan buruan deh daftar dari sekarang.
Karena tempat terbatas!

Pendaftaran:
Hubungi: Eka 081.238.46.765
Atau Tlp/Fax 0361-8473528

Ok Fajar, jika tidak bisa datang juga tentunya tidak apa-apa🙂
Saya minta do’a-nya Fajar saja supaya lancar ya!🙂

Nanti di Bali saya kasih lihat Fajar foto-fotonya ya!
Foto seminar dan liburan!🙂

Ok, talk to you soon!

Your friend,
Anne Ahira

P.S. Fajar, sekalian aku mo kasih tahu, kalau
Fajar atau teman ada yang tertarik belajar Internet
Marketing, Asian Brain IMC ku sekarang sedang promosi
dan memberikan diskon belajar 25% untuk bulan pertama.

Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi situs ini:
http://clicks.asianbrainfollowup.com/z/ct/?6NA0.7_1D45Nv6TNe1b6lg
(informasi diskon ada di bagian paling bawah!)

Yu, buruan. Mumpung ada diskon kenapa tidak mencoba!?🙂

——————————————-
PT. Asian Brain Internet Marketing Center
Jl. Bojong Sereh No. 668 Bandung 40376
Jawa Barat – INDONESIA

Tlp. (022) 5944-999 / 5946-999
Fax (022) 5947-999
HP. 081.320.6888.98

To unsubscribe or change subscriber options visit:
http://clients.asianbrainfollowup.com/z/r/?zExMTCwMtMzszKycHOwM

4 pemikiran pada “Pertanyaan yang belum terjawab – Anne Ahira

  1. Fajar

    Dulu 2007 sempat gabung selama 2 bulan pertama saja, setelah melihat pola pengajarannya saya jadi berbalik arah dan keluar dari sana…

    fajar

  2. bayu

    makasih infonya mas…saya hampir terjebak..kita harus laporkan ke pemerintah..biar ndak banyak korban selanjutnya..Anne Ahira dan jJoko susilo Penipu

Tinggalkan Balasan

