Robert Kiyosaki, Guru Kebebasan Finansial

robert

cashflow

Saya membaca buku ‘Rich Dad Poor Dad’ karangan Robert Kiyosaki ini pertama kali pada tahun 2000 setelah direkomendasikan oleh Bapak kandung saya, Asikin soemarsono (alm.), dimana buku ini ternyata merupakan buku bacaan wajib di perusahaan MLM untuk memotivasi para distributor mandiri agar bisa memahami substansi kemandirian pada tataran awal, waktu itu pesan bapak singkat sekali, bacalah buku ini karena apa yang ditulis seperti yang bapak lakukan pada awal pendirian usaha pada tahun 1976, Bapak kandung saya memang bukan seorang penulis sehingga tidak bisa meninggalkan sebuah tulisan yang inspiratif, namun beliau adalah pembelajar genius dari alam hingga beliau meninggal pada tahun 2004 yang lalu.

Satu demi satu buku Robert Kiyosaki– penulis yang mendapatkan penghargaan #1 New York Times Best Seller selama berpuluh-puluh Minggu – saya baca, tak terasa sudah 14 judul yang telah ditulis oleh Robert Kiyosaki dan Sharon L. Lecter, C.P.A. mulai dari :

  1. Rich Dad Poor Dad – Apa yang diajarkan Orang Kaya kepada Anak mereka tentang uang – yang tidak diajarkan oleh Orang miskin dan kelas menengah,
  2. Rich Dad’s Cash Flow Quadrant – Panduan Ayah Kaya menuju kebebasan Finansial,
  3. Rich Dad’s Guide to Investing – Apa yang diinvestasikan oleh Orang Kaya yang tidak dilakukan oleh Orang Miskin dan kelas menengah ,
  4. Rich Dad’s Rich Kid Smart Kid – Memberi Anak anda Start Awal untuk meraih kebebasan awal finansial,
  5. Rich Dad’s The Business School – for people who like helping people – Delapan nilai tersembunyi dari bisnis pemasaran jaringan selain memperoleh uang,
  6. Rich Dad’s Retire Rich Retire Young – Bagaimana menjadi Kaya dengan cepat dan Tetap Kaya selamanya,
  7. Rich Dad’s Who Took my Money – Bagaimana menjadi Investor Hebat,
  8. Escape from the Rat Race ( komik ) – Cara menjadi anak kaya dengan mengikuti Nasihat Ayah Kaya,
  9. Rich Dad’s Guide to Becoming Rich without cutting up your credit card – Mengubah ‘Utang Macet’ menjadi ‘Utang Lancar’ ,
  10. Rich Dad’s Success Stories – Kisah-kisah sukses Sejati dari orang-orang dalam kehidupan nyata yang telah mengikuti pelajaran ayah kaya,
  11. Rich Dad Poor Dad for Teens – Rahasia tentang uang – yang tidak kau pelajari di Sekolah,
  12. Rich Dad’s Before You Quit Your Job – 10 pelajaran yang harus dikuasai untuk membangun Bisnis Besar,
  13. Rich Dad’s Prophecy – Mengapa Bursa Saham Terbesar yang hancur dalam sejarah masih terjadi dan bagaimana Anda dapat menyiapkan Diri anda dan menangguk keuntungan dari hal itu,
  14. Rich Dad’s Increasing Your Financial IQ – Kelola uang anda lebih cerdas,

maupun kemudian beberapa seri di Rich Dad’s Advisors – The ABC’s of Real Estate Investing – Kiat menemukan keuntungan tersembunyi yang dilewatkan oleh kebanyakan investor oleh Ken McElroy, How to buy and Sell Business – Cara meraih Kemenangan di Kuadran Bisnis oleh Garret Sutton, Esq, dan Rich Woman by Kim Kiyosaki serta buku yang ditulisnya bersama Donald Trump – Why we want you to be Rich.

Dan yang menarik sebagai member dari mailing list yang dikelola oleh RichDad.com, Robert dalam buku terakhirnya yang berjudul ‘The Conspiracy of the Rich’ mulai melibatkan pembacanya langsung kedalam proses penulisan buku tersebut secara online. Menarik sekali karena tentu saja bagi para peminatnya mereka merasa dilibatkan sejak awal dalam pembahasan tulisan yang akan dibukukan bahkan kabarnya buku ini akan digratiskan kepada para pembacanya.

Sempat ada satu buku ‘ Ayah Kaya tidak Kaya’ – ditulis oleh John T. Reed yang merasa bahwa apa yang diungkapkan oleh Robert ini sesuatu yang lebih mirip sebagai cerita fiksi daripada buku konsep tentangn teori manajemen keuangan baru ataupun bahkan sebuah kisah nyata, namun menurut saya apa yang dilihat oleh penulis ini lebih kearah sisi yang lain dari sebuah tulisan tetapi tidak mengarah pada permasalahan dari sisi ataupun substansi dari tulisan si Robert sendiri.

Dari apa yang saya baca dari begitu banyak buku Robert Kiyosaki, tentu saja karena faktor penterjemah dari kelompok Gramedia ( J. Dwi Helly Purnomo, Rina Buntaran, Bern Hidayat, Paulus Herlambang, July Susanto, Ratu Fortunata Rahmi Puspahadi, Fahmy Yamani, Dominikus Heru Sutrisno, Lilian Tedjasudhana ) , yang telah begitu baik menterjemahkannya sehingga buku ini menjadi buku yang enak dibaca. Ada begitu banyak kata-kata yang menarik yang bisa menjadi pelajaran bisnis luar biasa bagi kita semua :

  • “Arus kas adalah kata terpenting dalam dunia uang. Kata terpenting kedua adalah daya ungkit. Daya ungkitlah yang membuat sebagian orang menjadi kaya dan yang lain tidak menjadi kaya.”
  • “Kata-kata merupakan daya ungkit. Kata-kata merupakan peralatan yang hebat..peralatan bagi pikiran. Tetapi sama seperti kamu bisa menggunakan utang untuk membuatmu kaya atau miskin, kata-kata bisa digunakan untuk membuatmu kaya atau miskin”
  • “Pikiranmu bisa menjadi aset yang paling hebat atau bisa menjadi liabilitas yang paling hebat, kalau kamu menggunakan kata-kata yang tepat dalam pikiranmu, kamu akan menjadi sangat kaya. Kalau kamu menggunakan kata-kata yang salah, pikiranmu akan membuatmu miskin”
  • “Tidak diperlukan uang untukmenghasilkan uang”
  • “Menjadi Kaya dimulai dengan kata-katamu dan kata-kata itu gratis”
  • “Perbedaan antara orang kaya dan orang miskin adalah orang miskin berkata “ Saya tidak sanggup membelinya” lebih sering daripada orang kaya. Itulah Perbedaan utamanya.”

Ada begitu banyak – ribuan kata-kata bagus yang telah disampaikannya, saya melihat disini kehebatan robert kiyosaki dalam menguraikan pemikirannya. Meskipun demikian, banyak juga orang-orang di Indonesia yang tidak terlalu antusias dengan apa yang telah dituliskan oleh Robert karena ada pemahaman bahwa hal ini hanyalah berlaku bagi kondisi di US saja.

Namun, kelihatannya pada saat awal-awal kita memulai usaha, kata-kata ataupun konsep yang dia berikan masih sulit dimengerti dan seolah tidak membumi, namun dari waktu ke waktu seiring pemahaman atas proses kemandirian yang saya lewati ternyata hal itu semua menjadi kenyataan, tetapi seolah kita mempraktikan teori yang sudah kita dapatkan dan terpampang di realitas kehidupan terutama setelah membandingkan dengan apa yang dilalu oleh Bapak saya selama merintis usaha.

Tugas saya sekarang adalah mencoba membuat langkah yang lebih baik dari orangtua saya dulu, mendokumentasikan dan kemudian berupaya mengajarkannya secara sistematis kepada anak-anak saya, bukannya mewariskan usaha yang telah saya rintis ini keanak-anak saya tetapi lebih kearah pemahaman bahwa mewariskan ilmu kewirausahaan itu yang jauh lebih penting daripada warisan kepemilikan perusahaannya itu sendiri. Mudah-mudahan selain ilmu yang didapat, tetapi dia sendiripun juga memiliki minat dalam bidang usaha yang telah saya rintis. Amien.

Tentu saja kalau kita menggabungkan dengan ilmu agama yang membuat hidup lebih bermakna bukan sekedar karena kita ingin bermakna tetapi itulah kewajiban kita sebagai makhluk yang diciptakan untuk berbagi dengan yang lain, maka hal ini akan jauh lebih baik. Kalau saja struktur perbankan kita bisa  memposisikan lembaga keuangan berbasis syariah pada posisi sebagaimana dilakukan oleh perbankan saat ini, maka hasilnya bisa jadi akan jauh lebih baik dan bermanfaat.

‘Paham Politik dan Paham Ekonomi itu dibuat dengan tujuan untuk menciptakan keadilan sosial yang lebih baik bagi masyarakat banyak, keadilan sosial yang baik bagi masyarakat itu akan menciptakan ruang bagi mayoritas individu untuk memiliki pemahaman spiritual yang baik bagi dirinya sendiri. Pemahaman spiritual yang baik akan memberikan kesadaran bagi individu untuk kembali pada fitrahnya untuk selalu ingat bahwa ada Sang Pencipta yang begitu Maha segala-galanya yang telah mengatur semua aspek kehidupan manusia dengan begitu terencana sejak awal, Kembalinya Fitrah manusia untuk selalu ingin mengenal tuhan akan membuat kehidupan terasa begitu indah baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Oleh karena itu berbahagialah orang-orang yang sudah bisa mengenal Allah SWT sejak lahir  sehingga bisa memahami Fitrah manusia sejak dini dan memberikan manfaat bagi masyarakat sejak muda, dan akhirnya bisa memberikan manfaat baik secara ekonomi maupun politik kepada bangsa dan negaranya secara maksimal.

Kalau teman-teman memiliki buku-buku kewirausahaan yang baik, terutama yang berlandaskan Islam yang kuat mohon kiranya bisa diinformasikan ke saya..saat ini saya sedang mencoba belajar memahami teori matematika berbasis keajaiban sedekah sebagaimana ditulis oleh Ustadz Yusuf Mansur dalam bukunya “an Introduction to The Miracle of Giving“….alhamdulillah karena  hal ini juga sebagaimana telah dilakukan oleh orangtua saya dulu…sehingga setelah membaca buku ini saya semakin bersyukur bahwa saya bukan saja menjadi tahu teorinya tapi juga sudah melihat praktek yang dilakukan orangtua sendiri.

Situs internetnya : http://www.richdad.com, http://www.richkidsmartkid.com

5 pemikiran pada “Robert Kiyosaki, Guru Kebebasan Finansial

  1. hasanuddin

    robert t kiyosaki buku-bukunya membuat w jadi termotivasi, pie mau beli g kebagian aja uang’a,law ada yg bisa didownload, kasi info ya……ok.thank

  2. Saya hanya sering mendengar namanya saja, Robert Kiyosaki tapi belum pernah satu pun membaca bukunya. Membaca ulasan Anda sedikit banyak saya sudah ada gambaran secara overall. Terima kasih reviewnya nanti coba saya cari buku-bukunya ke toko buku. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s